08/03/10

, ,

Tipografi Web dan font

Dunia publikasi Web, berbeda dengan dunia publikasi pada media cetak. Perbedaan dasarnya dalam dunia Web segala sesuatunya lebih mengikat dan dibatasi oleh berbagai hal. Dalam dunia cetak, dengan bebas Anda dapat menentukan segala hal yang dirasakan perlu, Namun dalam dunia Web, apa yang Anda gunakan sangat tergantung pada audiens Anda. Diantara keterbatasan yang harus dipertimbangkan oleh seorang desainer, diantaranya adalah penggunaan huruf dalam halaman Web. Bila dalam media cetak Anda bebas menentukan huruf yang Anda suka, tidak demikian dengan dunia Web karena bermacam-macamnya keadaan dari audiens hingga kita harus menggunakan huruf yang terbilang aman dan dapat dibaca dengan baik oleh audiens.
Dalam artikel seri Tipografi Web ini, kita akan mengenal berbagai macam karakter huruf yang dipergunakan dalam Web dan berbagai teknologi baru yang dapat dipergunakan seperti CSS formating, Web Font Embedding, dan lain-lain. Namun kali ini kita akan mengenal huruf-huruf yang “Web safe” dan dapat dilihat dengan baik dalam berbagai sistem operasi.
Diantara banyak huruf yang ada di PC kita, hanya ada beberapa huruf yang terbilang Web Safe diantaranya adalah:
Times New Roman
Times new roman adalah jenis huruf serif yang sering Anda lihat ada surat kabar atau majalah. Font ini didesain untuk kemudahan membaca pada media cetak, demikian juga pada layar monitor. Pada pengguna Windows, font ini adalah default. Pada pengguna Mac dan Linux (Times) huruf ini dapat ditampilkan pula dengan baik. Namun, pada penggunaan ukuran yang kecil 9/10px huruf ini mulai sulit untuk dibaca.
Arial
Arial adalah huruf Sans-serif yang sering dipergunakan dalam Web. Terlihat lebih sederhana dan lebih mudah dibaca pada berbagai ukuran. Pada sistem operasi Linux, tidak terdapat huruf Arial, namun digantikan oleh Helvetica yag memiliki karakteristik yang kurang lebih sama.
Verdana
Tipe ini sangat baik dalam menampilkan huruf-huruf dengan ukuran kecil, seperti tanggal, caption, atau copyright. Font ini terkesan lebih lebar, oleh karena itu, untuk Web font ini jangan dipergunakan dengan ukuran besar.
Comic Sans
Huruf ini terkesan bersahabat dan informal, namun jarang dipergunakan di Web karena karakteristiknya tersebut. Somic sans terdapat di kebanyakan sistem operasi Windows.
Georgia
Huruf serif ini didesain khusus untuk kemudahan membaca di layar monitor. Huruf ini dapat menggantikan jenis huruf Times New Roman, huruf ini terlihat lebih rapi dan elegan di layar monitor dari pada Times New Roman.
Trebuchet
Huruf ini memang jarang dipergunakan, namun huruf ini kebanyakan sudah terinstall pada OS yang ada karena font ini dapat di download secara bebas.
Helvetica
Pada sistem operasi Linux, Helvetica adalah pengganti dari Arial, namun huruf ini terlihat lebih rapih dari arial.
Pada artikel mendatang kita akan mengetahui cara menggunakan huruf pada halaman Web, semoga bermanfaat bagi Anda.


0 komentar:

Posting Komentar